[RESUME] Komunikasi dalam Organisasi

komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari suatu pihak kepada lain pihak untuk mendapatkan saling pengertian.didalam sebuah organisasi.
komunikasi merupakan unsur yang penting dalam organisasi kerena mempunyai pengaruh yang besar. untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan. diperlukan adanya komunikasi dari setiap anggota organisasi. karena jika kurangnya komunikasi dapat menimbulkan salah persepsi dari tiap anggota dalam menanggapi suatu informasi maupun dalam menghadapi suatu masalah yang bis timbul kapan saja di dalam organisasi tersebut.

komunikasi dalam organisasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam tergantung adri segi peninjaunya, seperti.
– Dari segi sifatya yaitu (Komunikasi Lisan & Komunikasi Tertulis)
– Dari segi arahanya (Komunikasi Ke Atas/Ke Bawah, Komunikasi Diagonak Ke Atas/ Ke BAwah, Komunikasi Horisontal, Komunikasi satu Arah & komunikasi dua arah)
– Dari segi lawanya. (Komunikasi satu lawan satu, Komunikasisatu lawan banyak/banyak lawan satu, Komunikasi kelompok lawan kelompok, Komunikasi formal & Komunikasi informal)

Gaya komunikasi akan memberikan pengetahuan kepada kita,bagaimana cara kita untuk berkomunikasi yang baik dan benar supaya apa yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik dan tidak merugikan orang lain.Gaya komunikasi itu sendiri adalah seperangkat perilaku antar pribadi yang terspesialisasi yang digunakan dalam suatu situasi tertentu.
Ada beberapa gaya dalam komunikasi diantaranya :
1. The controlling style,ini adalah gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan diri,ditandai dengan adanya suatu kehendak atau maksud membatasi,memaksa dan mengatur perilaku.
2. The equalitarian style,dalam gaya komunikasi ini tindak komunikasi dilakukan secara terbuka.
3. The structuring style,ini adalah gaya komunikasa yang terstruktur,komunikasi ini memanfaatkan pesan-pesan maupun lisan guna memanfaatkan perintah yang harus dilaksanakan.
4. The dynamic style,gaya komunikasi yang dinamis,gaya ini memiliki kecenderungan agresif,karena pengirim pesan mengetahui bahwa lingkungan pekerjaanya berorientasi pada tindakan.
5. The relingushing style,gaya komunikasi ini lebih kepada menerima saran,pendapat atau gagasan dari orang lain,daripada keinginan untuk memberi perintah.

dalam suatu kegiatan berkomunikasi tidak selamanya berjalan lancar dari kedua pikah yan berkomunikasi, pastinya selalu ada hambatan yang membuat komunikasi tidak seperti yang di harapkan. hambatan komunikasi di dalam organisasi dapat dibagi menjadi 3 yaitu
– Hambatan yang bersifat teknis, hambatan yg bersifat teknis di sebabkan oleh beberapa faktor seperti : kurangnya sarana dan prasarana yg diperlukan dalam komunikasi, penguasaan teknik dan metode berkomunikasi yg tidak sesuai, dan kondisi fisik yang tidak memungkinkan terjadinya komuniksi
– Hambatan semantik, hambatan semantik disebabkan karena kesalahan dalam menafsirkan hingga menimbuklan salah pengertian dari kedua pihak yang berkomunikasi
– Hambatan perilaku, hambatan yang disebabkan dari sikap dan perilaku para pelaku komunikasi seperti, pandangan negatif, prasangka yang didasarkan kepada emosi, suasana otoriter, ketidakmauan dalam menerima perubahan. sifat egosentris

untuk mengatasi suatu hambatan dalam berkomunikasi terdapat 3 cara yaitu
1. Gunakan Umpan balik (feedback), dengan memberi kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan ide atau gagasanya. maka akan tercipta dua iklim komunikasi dua arah
2. Mengenali Lawan bicara. bagaimana latar belakang pendidikanya, bagaimana pengetahuan tentang subjek pembicaraan, dan sejauh mana minat dan perasaanya.
3. Merencanakan secara teliti. dengan mempertimbangkan secara baik -baik : apa, mengapa, siapa, bagaimana & kapan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s