[RESUME] Konflik dalam Organisasi

Konflik adalah adanya sebuah gesekan atau suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) yang dimana salah satu pihak tersebut menyingkirkan pihak lain bahkan juga menghancurkannya dan membuatnya tidak berdaya.

Dalam organisasi kita dapat menyalurkan pendapat – pendapat kita untuk menentukan suatu keputusan atau tujuan bersama – sama. Setiap anggota pasti memiliki pemikiran dan pendapat yang berbeda – beda dan setiap dari mereka ingin pendapatnya di dengar oleh anggota – anggota lain dalam organisasi tersebut.
Organisasi memang menjadi salah satu bagi kita untuk mengeluarkan pendapat dan bersama – sama memusyawarahkan sebuah masalah yang terjadi dalam organisasi,akan tetapi dalam organisasi itu tidak selalu berjalan dengan mulus atau berjalan dengan lancar. selalu ada saja konflik atau masalah di dalam suatu organisasi.

Dengan adanya sesuatu konflik dalam organisasi dapat menciptakan suatu perubahan sosial. maksudnya adalah agar terciptanya suatu pemikiran – pemikiran baru untuk kedepannya organisasi tersebut bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. memang dalam setiap organisasi itu pasti ada konflik dan kita tidak bisa menghindarinya. Jika dalam suatu organisasi tersebut terjadi suatu konflik,maka salah satu solusi yang bisa diatasi atau lebih tepatnya jalan keluarnya adalah mengumpulkan atau mempertemukan kedua belah pihak yang saling terkait dengan konflik, bila kedua belah pihak tersebut sudah dipertemukan, maka lengkah selanjutnya adalah mulai mengidentifikasi sumber atau masalah konflik yang terjadi (penyebab konflik tersebut). Setelah dapat penyebab konflik tersebut,lalu mulailah dimusyawarahkan dengan kepala dingin untuk menyelesaikan konflik dan masalah yang sedang terjadi tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s