[RESUME] Proses yang mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

Pengambilan keputusan adalah unsur yang penting dalam kehidupan organisasi, Pengambilan keputusan terjadi sebagai suatu reaksi terhadap suatu problem atau masalah baik internal maupun external yang terjadi dala organisasi.
Dalam proses pengambilan keputusan yang optimal adalah dengan rujukan terhadap pilihan dan memaksimalkan nilai (rasional).
Terdapat enam langkah dalam model pengambilan keputusan rasional, yaitu: penetapan masalah, identifiasi masalah, alokasikan bobot kriteria, kembangkan alternatif, evaluasi alternatif dan pilihan alternatif terbaik.

terdapat tiga kriteria etis yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan, diantaranya: Kriteria ultitarian, kriteria hak dan kriteria keadilan.
Dengan memerhatikan dan menerapkan tiga kriteria tersebut organiasi memberikan wewenang dan mempunyai keuntungan terhadap masing-masing individu diorganisasi.

Peran-peran indivdu/ kelompok didalam organisasi dalam mengambil keputusandapat mempengaruhi hasil keputusan diorganisasi, diantaranya adalah peran pemimpin,
pengaruh pemimpin dalam organisasi dapat menjadikan organisasi yang siap dan komitmen dalam mengambil keputusan atau sebaliknya. Dengan kata lain satu orang dapat
memengaruhi semua orang jika keputusannya itu sesuai dengan tujuan organisasinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s