[TestDisk] Mengatasi Data Yang Hilang

 

Metode terbaik untuk menghindari kerugian akibat kehilangan data penting di komputer adalah dengan mempersiapkan diri sebelumnya dengan membuat backup data di media simpanan lain atau dengan menggunakan software pilihan (Software data recovery) yang memudahkan kita menanggulangi permasalahan kehilangan data.

cara pertama cukup terbilang ampuh untuk mengembalikan data yang hilang, tapi cara tersebut menurut saya mempunya kelemahan. karena kita harus selalu melakukan backup ketika ada penrubahan data baru. tapi bagaimana jika kita belum sempat membackup perubahan, tapi data di komputer sudah hilang ?. itu sebabnya penggunaan softwaew pilihan yg dapat mengembalikan data yg hilang sangat perlu karna. dapat memperkecil resiko yang dapat terjadi.

Software data recovery memungkinkan kita mengembalikan data yang hilang jika dieksekusi di saat yang tepat, yaitu tidak lama setelah data tersebut hilang. Karena jika terlambat, data bisa hilang secara permanen.

banyak sekali macam-macam software data recovery seperti iCare Data Recovery, FreeUndelete, Puran File Recovery, TestDisk dll tapi menurut saya yg bagus adalah TestDisk. software ini merupakan program data recovery yang bersifat free dan cocok banget dipakai untuk melakukan recovery data dari data yg sudah terhapus, partisi yang hilang atau untuk mengembalikan disk yang tidak bisa booting menjadi bisa kembali yang umumnya disebabkan oleh kesalahan software, virus, atau human error (misalnya karena menghapus tabel partisi secara tak sengaja).

silahkan download softwarenya disini

TestDisk memiliki banyak fitur yang memungkinkannya cocok dipakai, baik oleh para pemula seperti saya atau bagi yang sudah berpengalaman.

TestDisk sendiri dapat dijalankan di beberapa sistem operasi berikut:

  • DOS (baik dos asli ataupun dos box di Windows 9x)
  • Windows
  • Linux
  • FreeBSD, NetBSD, OpenBSD
  • SunOS
  • MacOS

Aplikasi TestDisk ini berjalan di atas dos. Walaupun terlihat kurang menarik, tapi sebenarnya aplikasi yang berjalan di dos, lebih powerful karena bisa dijalankan tanpa harus masuk ke tampilan GUI dari sistem operasi sehingga bisa lebih menjangkau level bawah dari disk daripada Aplikasi Darta Recovery lainya

Karna saya sudah capek, untuk sementara sampai disini dulu. untuk Cara penggunaan di post selanjutnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s