PROPOSAL USULAN PROGRAM

ABSTRAK

PROPOSAL PELAKSANAAN PENELITIAN

PENGARUH OKSIGEN PADA PEMBAKARAN

Oleh :

Andrea Perkasa Ginting, dkk

Dalam pembakaran ada penyebab mengapa api dapat menyala. Salah satunya adalah oksigen. Suatu pembakaran tidak akan terjadi jika tidak ada oksigen dan juga ada bahan bakar yang dapat terbakar. Banyak bahan yang dapat terbakar disekitar kita misalnya saja lilin. Lilin ini merupakan alat yang biasanya kita gunakan saat lampu gelap. Dengan bantuan oksigen dan energi panas maka api akan menyala.

Lilin yang terbakar akan meleleh itu karena reaksi fisika yang terjadi antara bahan yang terbakar seperti lilin dengan energi panas. Lilin lama kelamaan akan meleleh. Proses pembakaran lilin akan mengahasilkan cahaya dan energi panas. Tetapi saat keadaan tidak ada udara atau kedap suara pembakaran pada lilin akan terganggu. Karena seperti yang telah disebutkan lilin merupakan salah satu faktor pada pembakaran.

Dengan diadakan penelitian maka akan kita ketahui apakah benar atau tidak pengaruh oksigen berpengaruh pada pembakaran ataukah tidak terbukti. Dengan adanya penelitian ini maka pengetahuan kita akan pembakaran ini akan lebih dalam lagi. Inti dari penelitian adalah melihat pengaruh ketiga faktor ini lilin sebagai bahan yang terbakar, api sebagai energi panas dan oksigen. Akan membuktikan penyebab suatu pembakaran

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Lilin adalah benda yang biasa untuk menerangi saat gelap. Lilin memiliki sumbu di bagian tengah atas dan apabila sumbu tersebut dinyalakan maka perlahan lahan lilin akan meleleh. Biasanya terbuat dari zat lemak yang banyak digunakan untuk melapisi sumbu agar terlindung terhadap udara, air dan perubahan kimia. 

Temuan paling awal dari dunia primitif. Sejarah mencatat bahwa orang Mesir sudah menggunakan lilin sejak tahun 3000 SM. Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak sapi (yang banyak mengandung asam stearat. Sekarang yang biasanya digunakan adalah parafin. Dengan menyebarnya penerangan listrik, pada abad I, orang-orang Romawi menggunakan lilin yang sumbunya berupa alang – alang.

Di abad berikutnya, orang-orang Mesir Kuno mengganti batang alang-alang dengan sumbu serat yang dicelupkan ke dalam lemak cair, didinginkan, dan kembali dicelupkan ke dalam lemak cair, didinginkan, dan kembali dicelup sampai ketebalan tertentu. Diduga, lilin langsing itulah nenek moyang lilin batangan modern seperti yang ada sekarang ini.

Dalam suatu pembakaran dibutuhkan agar api dapat menyala yaitu : bahan bakar yang dapat terbakar, panas, dan oksigen, yang memungkinkan timbulnya api disebut dengan segitiga api (fire triangle). Api tersebut hanya dapat terjadi bila ketiga komponen berada pada saat yang bersamaan.

Melihat pentingnya oksigen dalam proses pembakaran untuk itu penulis melakukan percobaan dengan mengganggu pembakaran lilin dengan gangguan udara/oksigen Agar lebih mengetahui tentang proses pembakaran tersebut.

1.2 Identifikasi Masalah

Dengan melihat pentingnya ketiga unsur tersebut dalam suatu proses pembakaran. Tanpa gangguan apapun dengan ketiga unsur tersebut pembakaran akan terjadi dengan sempurna. Dengan diberikan gangguan udara kita dapat melihat perubahan apa yang dialami dalam proses pembakaran.

1.3 Pembatasan Masalah

Dalam percobaan ini kita batasi dengan menggunakan 3 metode, yaitu : gelas yang menutup lilin, lilin di airi dasarnya lalu ditutup dengan gelas gelas dan lilin dinyalakan biasa.

1.4 Perumusan Masalah

Masalah dalam penelitian ini adalah pembakaran lilin. Adapun permasalahnnya adalah “Pengaruh Gangguan Udara Terhadap Pembakaran Lilin”.

1.5 Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui mengetahui pengaruh udara bagi proses pembakaran lilin.

1.6 Kegunaan Penelitian

Untuk mengetahui bahwa proses pembakaran membutuhkan udara dan memahami bagaimana proses pembakaran tersebut terjadi.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Pembakaran

Pembakaran adalah sebuah reaksi yang melepaskan energi panas. Begitu dimulai, reaksi tersebut melepaskan panas lebih dari cukup untuk melelehkan lilin lebih banyak sehingga preoses pembakaran terus terjadi. Pada peristiwa pembakaran lilin terjadi perubahan fisika dan perubahan kimia.

Gejala ini disebabkan karena adanya gaya adhesi atau kohesi antara zat cair dan dinding celah tersebut. Kohesi adalah gaya di antara molekul – molekul dengan jenis yang sama dan adhesi adalah gaya antar molekul yang jenisnya berbeda (Giancoli, 2001). Panas api menyebabkan cairan wax menguap dan selanjutnya akan bercampur dengan oksigen sehingga terjadi proses pembakaran.

Dari perbedaan massa lilin sebelum dan sesudah di bakar dapat kita ketahui bahwa paraffin padat yang terbakar juga mengalami penguapan. Proses pebakaran lilin akan mengahasilkan cahaya dan energi panas. Pembakaran ini juga menghasilkan gas dan asap yang terbang keudara. Gas yang dihasilkan adalah gas karbon dioksida (CO2).

2.2 Pengertian Oksigen

Oksigen ditemukan di sekitar kita. Ini adalah salah satu elemen yang paling penting di planet bumi. Oksigen membentuk sekitar 21% dari atmosfer bumi dan 50% dari massa kerak bumi. Oksigen merupakan salah satu atom yang membentuk air (H2O).

Oksigen merupakan elemen penting bagi kehidupan di Bumi. Ini adalah unsur yang paling berlimpah dan terdapat dalam tubuh manusia sampai sekitar 65% dari massa tubuh. Oksigen digunakan oleh hewan dan tumbuhan dalam proses respirasi (pernapasan). Tabung oksigen digunakan untuk mengobati orang yang memiliki masalah pernapasan. Mereka juga digunakan sebagai pendukung kehidupan bagi astronot dan penyelam.

Sebagian besar oksigen yang digunakan dalam industri digunakan dalam pembuatan baja. Aplikasi lain termasuk membuat senyawa baru seperti plastik dan menciptakan api yang sangat panas untuk pengelasan. Oksigen cair dikombinasikan dengan hidrogen cair untuk membuat bahan bakar roket.

2.3 Faktor yang mempengaruhi Pembakaran 

Panas + Udara + Bahan Bakar => Pembakaran

Udara dan bahan bakar yang dipanaskan akan menghasilkan pembakaran, sehingga menghasilkan gaya yang diperlukan untuk memutarkan engine. Udara yang mengandung bahan Oksigen diperlukan untuk membakar bahan bakar. Sementara bahan bakar menghasilkan gaya. Ketika bahan bakar dikabutkan di ruang bakar maka bahan bakar akan sangat mudah untuk dinyalakan dan akan terbakar dengan effisien. Pembakaran dapat terjadi ketika campuran bahan bakar dan udara dikompresikan sampai dihasilkan panas yang cukup (+ 1000 derajat F) sehingga dapat menyala tanpa bantuan percikan bunga api.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat

Peneilitian dilakukan di Rumah yang beralamat di jalan jeruk manis no 3

3.2 Metode Penelitan

Percobaan ini menggunakan hukum fisika, percobaan yang merupakan hal yang sederhana untuk melihat pengaruh udara terhadapat pembakaran. 

3.3 Teknik pengumpulan data

Teknik observasi yaitu melakukan percobaan langsung.

3.4 Analisis Penelitian

Dengan melakukan percobaan langsung dapat dilihat pengaruh udara terhadapat proses pembakaran. Apakah api akan padam atau tetap menyala akan terlihat dalam proses percobaan ini. Percobaan dilakukan dengan objek lilin dan hasilnya dapat kita lihat apakah perbedaan pembakaran tanpa gangguan udara/dinyalakan seperti biasa dengan 2 percobaan yang akan dilakukan tersebut.

BAB 4

BIAYA DAN PELAKSAAN

4.1 Anggaran Biaya

Tabel4.1 Ringkasan Anggaran Biaya

No

Jenis Pengeluaran

Biaya (Rupiah)

1

Kebutuhan Bahan

520.000

2

Lain-Lain

500.000

Sub Total

1.050.000

4.2 Jadwal Kegiatan

Tabel 4.2 Jadwal Kegiatan

No

Jenis Kegiatan

Juni

Juli

1

Persiapan Proposal

3

Pengadaan Peralatan dan Bahan Baku

4

Analisis Teori

5

Pelaksanaan Penelitian

4.3 Pelaksanaan Penelitian

Percobaan 1:

– Menyiapkan alat dan bahan

– Nyalakan lilin di atas piring. Kemudian tutup lilin dengan gelas.

– Amati dan catat apa yang terjadi

Percobaan 2:

– Menyiapkan alat dan bahan

– Nyalakan lilin diatas piring

– Beri air secukupnya pada piring

– Tutup lilin dengan gelas

– Amati dan catat apa yang terjadi

4.3 Hasil Analisis Data Penelitian

Hasil Percobaan 1:

Ketika Lilin ditutup dengan gelas, ternyata nyala lilin makin redup dan akhirnya padam.

Hasil Percobaan 2:

Seperti pada percobaan 1, lilin pelan-pelan redup kemudian padam. Lalu air yang berada diluar gelas tersedot masuk ke dalam gelas dan permukaannya naik.

BAB V

PENUTUP

5.1 Pembahasan

Pada percobaan 1 dapat diketahui bahwa pada saat lilin ditutup dengan gelas, lilin masih menyala karena masih ada udara dalam gelas. Lalu api memanaskan udara lama kelamaan udara habis dan akhirnya lilin padam karena kehabisan udara. 

Sementara pada percobaan 2 dapat diamati air masuk ke dalam gelas setelah lilin padam. Hal ini disebabkan tekanan udara di dalam gelas menyusut karena pembakaran atau nyala lilin, lalu udara dalam gelas kososng, sehingga air tersedot masuk ke dalam gelas. 

5.2 Kesimpulan

Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu: udara berpengaruh terhadap pembakaran lilin, dilihat dari padamnya api didalam gelas. Hal ini disebabkan karena ketika terjadi pembakaran dalam gelas, awalnya terjadi pengembangan udara, pada saat yang sama terjadi peningkatan uap air dalam udara. Lilin ditutup dengan gelas akan padam karena kehabisan oksigen. Diruang tertutup oksigen terbatas, hasil pembakarannya Karbondioksida mengumpul digelas, sehingga lilin padam kehabisan oksigen. Dari kedua percobaan dan pengamatan dapat di lihat proses pembakaran memerlukan udara dan ketika udara mendingin, tekanannya menyusut.

5.3 Saran

Percobaan sederhana ini dapat membantu dalam pembelajaran disekolah dan dapat diperaktekaan sendiri dirumah. Bahan-bahan cukup sederhana, untuk anak-anak diharapkan meminta bantuan orang tua.


Daftar Pustaka


1. 
http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-lilin/

2. http://indonesiaindonesia.com/f/121681-sejarah-lilin/

3. http://adlyfirma.blogspot.co.id/2012/04/peranan-oksigen-dalam-proses-pembakaran.html

4. http://adlyfirma.blogspot.co.id/2012/04/peranan-oksigen-dalam-proses-pembakaran.html

5. http://budisma.net/2015/02/pengertian-ciri-dan-sifat-oksigen.html

6. https://dianafrcercon27.wordpress.com/2013/04/01/lilin-perubahan-fisika-atau-kimia/

7. http://disafa-casafa.blogspot.co.id/2011/11/pengaruh-udara-terhadap-pembakaran.html

Lampiran 1.Biodata Ketua, Anggota, dan Dosen Pembimbing

Biodata Ketua Pelaksana

A.Identitas Diri

1

Nama Lengkap

Andreas Perkasa Ginting

2

Jenis Kelamin

Laki-Laki

3

Program Studi

S1

4

NPM

10113935

5

Tempat dan Tanggal Lahir

Jakarta, 29 Juni 1995

6

E-Mail

andreasgts29@gmail.com

7

Nomor Handphone

082213379795

B.Riwayar Pendidikan

SD

SMP

SMA

Nama Institusi

SDN Sukamaju Baru 3

SMP Budi Utomo

SMKN 1 Depok

Jurusan

RPL

Tahun Masuk-Keluar

2001-2007

2007-2010

2010-2013

C.Pemakalaha Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

D.Pengharagaan dalam 10 tahun terakhir dari (Pemerintas, Asosiasi atau Institusi lainnya)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Proposal.

Depok, 8 Juni 2016

Pegusul

Andreas Perkasa Ginting

Biodata Anggota Pelaksana

A.Identitas Diri

1

Nama Lengkap

Aditya Fajar Dewanto

2

Jenis Kelamin

Laki-Laki

3

Program Studi

S1

4

NPM

10113233

5

Tempat dan Tanggal Lahir

Jakarta, 23 Mei 1995

6

E-Mail

aditya.fajar.d@gmail.com

7

Nomor Handphone

08128398xxx

B.Riwayar Pendidikan

SD

SMP

SMA

Nama Institusi

SDS Angkasa IV

SMPN 81 Jakarta

SMAN 113 Jakarta

Jurusan

IPS

Tahun Masuk-Keluar

2001-2007

2007-2010

2010-2013

C.Pemakalaha Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

D.Pengharagaan dalam 10 tahun terakhir dari (Pemerintas, Asosiasi atau Institusi lainnya)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Proposal.

Depok, 8 Juni 2016

Pegusul

Aditya Fajar Dewanto

Biodata Anggota Pelaksana

A.Identitas Diri

1

Nama Lengkap

Dimas Pramudita

2

Jenis Kelamin

Laki-Laki

3

Program Studi

S1

4

NPM

12113504

5

Tempat dan Tanggal Lahir

Jakarta, 21 Mei 1992

6

E-Mail

dhimpe98@gmail.com

7

Nomor Handphone

0852113xxx

B.Riwayar Pendidikan

SD

SMP

SMA

Nama Institusi

SDN Curug 2 Depok

SMPN 103 Jakarta

SMAN 98 Jakarta

Jurusan

IPA

Tahun Masuk-Keluar

1998-2004

2004-2007

2007-2010

C.Pemakalaha Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

D.Pengharagaan dalam 10 tahun terakhir dari (Pemerintas, Asosiasi atau Institusi lainnya)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Proposal.

Depok, 8 Juni 2016

Pegusul

Dimas Pramudita

Biodata Anggota Pelaksana

A.Identitas Diri

1

Nama Lengkap

Panji Eko Yuniarso

2

Jenis Kelamin

Laki-Laki

3

Program Studi

S1

4

NPM

16113817

5

Tempat dan Tanggal Lahir

Tangerang 16-06-1995

6

E-Mail

panjieko.pey@gmail.com

7

Nomor Handphone

08221377xxx

B.Riwayar Pendidikan

SD

SMP

SMA

Nama Institusi

SDN Pamulang I

SMP Al-Amanah

SMK Al-Amanah

Jurusan

RPL

Tahun Masuk-Keluar

2001-2007

2007-2010

2010-2013

C.Pemakalaha Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

D.Pengharagaan dalam 10 tahun terakhir dari (Pemerintas, Asosiasi atau Institusi lainnya)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Proposal.

Depok, 8 Juni 2016

Pegusul

Panji Eko Yuniarso

Biodata Dosen Pembimbing

A.Identitas Diri

1

Nama Lengkap

Noorianda Rianda

2

Jenis Kelamin

Laki-Laki

3

Program Studi

S3

4

NPM

5

Tempat dan Tanggal Lahir

Jakarta, 21 April 1975

6

E-Mail

noorianda_r@gmail.com

7

Nomor Handphone

0812687xxx

B.Riwayar Pendidikan

SD

SMP

SMA

Nama Institusi

SDN Mekarjaya 15

SMPN 2 Depok

SMAN 1 Depok

Jurusan

IPA

Tahun Masuk-Keluar

1981-1987

1987-1990

1990-1993

C.Pemakalaha Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

D.Pengharagaan dalam 10 tahun terakhir dari (Pemerintas, Asosiasi atau Institusi lainnya)

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

2

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Proposal.

Depok, 8 Juni 2016

Pegusul

Noorianda Rianda

Lampiran 2.Anggaran Penelitian

1.Kebutuhan Bahan

Material

Pemakaian

Kuantitas

Harga

Total Harga

Keterangan

Lilin

Peralatan

1 Pack

10.000

10.000

Korek Api

Peralatan

1 Buah

10.000

10.000

Gelas Bening

Peralatan

2 Buah

20.000

40.000

Piring

Peralatan

2 Buah

30.000

60.000

Pemadam Api

Peralatan

2 Buah

200.000

400.000

Sub Total

520.000

3.Lain-Lain

Material

Pemakaian

Kuantitas

Harga

Total Harga

Keterangan

Internet

Promosi

300.000

300.000

LayananSpeedy

Pulsa

Promosi

200.000

200.000

Komunikasi

Sub Total

500.000

Lampiran 3.Susunan Organisasi dan Pembagian Tugas

No

Nama

Program Studi

Bidang Ilmu

Alokasi Waktu

Uraian Tugas

1

Andreas Perkasa Ginting

ILKOM

SI

10 jam

Ketua

2

Aditya Fajar Dewanto

ILKOM

SI

9 jam

Anggota

3

Dimas Pramudita

ILKOM

SI

8 jam

Anggota

4

Panji Eko Yuniarso

ILKOM

SI

10 jam

Anggota

Pembagian Tugas

No

Nama

Deskripsi Tugas

Uraian Tugas

1

Andreas Perkasa Ginting

  • Rincian biaya

  • Analisis Teori

Ketua Pelaksana

2

Aditya Fajar Dewanto

  • Survey tempat

Anggota 1

3

Dimas Pramudita

  • Menyediakan alat

  • Kualiti control

Anggota 2

4

Panji Eko Yuniarso

  • Keamanan

  • Dokumentasi

Anggota 3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s