Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

Sistem Cerdas adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (computer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Sistem cerdas merupakan suatu sistem yang mensimulasikan cara kerja dari kecerdasan manusia. Kecerdasan yang telah dibangun tersebut ditanamakan dalam sebuah mesin agar dapat membantu menyelesaikan kondisi yang tidak bisa diselesaikan oleh sistem cerdas manusia. Sistem cerdas muncul ketika ada ketidakmampuan mesin dan bahasa pemrograman yang ada tidak sanggup untuk melakukan suatu hal.Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainankomputer ( games ), logika fuzzy , jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Awal mula sejarah dari perkembangan Sistem Cerdas

  • Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat mengskakmat raja laannya dengan sebuah raja dan ratu. Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer digital.
  • Pada tahun 1950-an Alan Turing seorang matematikawan dari Inggris. Pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bias tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas(dikenal dengan Turing Test) seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.
  • Istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari Massachusets Institute of Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP
  • Loghic Theorist (1956), diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
  • Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky (1958)
  • Sad Sam, deprogram oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapn.
  • Muncul logika samar (1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar di atas system komputer. Logika samar mengukur ketidaktepatan dengan cara yang tepat, seperti yang diperlukan mesin.
  • ELIZA (1967), diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
  • Program Microworld dengan penciptaan proyek SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang pertama.
  • Pada tahun 1972 bahasa Prolog dimunculkan.
  • John Holland (1975) mengatakan bahwa setiap problem berbentuk adaptasi (alami maupun buatan) secara umum dapat diformulasikan dalam terminologi genetika (Algoritma Genetika) .
  • Sistem catur AI mengalahkan manusia (Pecatur master) pada tahun 1991.
  • Robotik, peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.

Sistem cerdas memiliki 3 elemen, yaitu:

  1. Jaringan saraf tiruan (Artificial Neural Network)

    Salah satu upaya manusia untuk memodelkan cara kerja atau fungsi sistem syaraf manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Jaringan Saraf Tiruan dikembangkan sebagai generalisasi model matematika dari biologis sistem syaraf

  2. Logika fuzzy (Fuzzy logic )

    Suatu sistem yang digunakan untuk menangani konsep kebenaran parsial yaitu kebenaran yang berada diantara sepenuhnya benar dan sepenuhnya salah (Lofti A. Zadeh dalam Yan, Jun. 1994;14). Logika fuzzy ini bekerja lebih dekat dengan cara kerja otak manusia, yakni ketika membentuk sebuah perintah yang samar (ambigu/ketidakjelasan) atau mencakup 2 hal yang menjadi hasil perbandingan misalnya “tidak sedikit” “kurang tinggi” “sedang” “cukup” dan sebagainya.

  3.  Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence )

    Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) sehingga mesin dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Salah satu kelebihan dari mesin artificial intelilligence dapat bertahan dalam kondisi ekstrim. Seperti contoh Robot BigDog yang ditendang dengan keras dan berjalan pada wilayah yang ekstrim (tidak datar) . Dalam kondisi tersebut , dia mempertahankan dirinya untuk tidak jatuh. Padahal manusia sendiri belum tentu bisa mempertahankan keseimbangannya pada kondisi seperti itu

Ciri-ciri dari sistem cerdas yaitu seperti berikut :

  1. Mempunyai Perasaan

    Sebuah Mesin dapat memiliki logika yang mempunyai perasaan dan toleransi seperti manusia. Logika yang mempunyai persamaan ini dimaksudkan bahwa logika yang bernilai samar yang benar terlihat tidak benar dan salah bernilai tidak salah. Sehingga dalam kerjanya, logika tersebut menggunakan perasaan. Logika Samar merupakan perasaan yang ditanamkan pada komputer, sehingga komputer dapat mengambil keputusan ‘diantara 1 dan 0’ atau dengan kata lain, komputer dapat memiliki toleransi, unsur rasa, atau ‘kira-kira’. Komputer juga dapat memiliki kesensitifan dari input yang diberikan sehingga berpengaruh dalam output yang didapat. Logika samar tersebut disebut dengan Fuzzy Logic.

  2. Mempunyai Sistem Kerja Otak

    Sistem kerja otak manusia dilukiskan dalam sebuah sel saraf yang akan berintegrasi satu sama lain pada otak manusia. Pada mesin di tanamkan cara kerja sel saraf yang menyerupai manusia, sehingga diperlukan perumusan persamaan model matematik. Model persamaan matematik tersebut dituliskan pada program-program komputer seperti pada Visual Basic, Delphi, DEV C++,Matlab dan lain-lain. Bahasan mengenai kerja sel saraf yang dituliskan pada bahasa pemrograman komputer dikenal dengan Artificial Neural Network. Artificial Neural Network ini atau yang juga disebut Jaringan Saraf Tiruan dikembangkan sebagai generalisasi model matematika dari biologis sistem syaraf.

  3. Layaknya manusia yang dapat berpikir

    Kecerdasan buatan yang ditanamakan sebuah mesin dapat berpikir dan mengambil sebuah keputusan tanpa diperitah oleh manusia. Sehingga diperlukan logika berpikir mesin yang sama dengan manusia. Hal itu yang disebut dengan Artificial Intelegent. Artificial Intelegent membahas tentang bagaimana mesin dapat berpikir dan bertindak seperti manusia. Dalam bahasa yang lebih sederhana , kecerdasan buatan ini adalah ilmu dan teknik untuk membuat mesin menjadi cerdas yang guna memahami kecerdasan manusia dalam melakukan tugas.

Sistem cerdas yang banyak di kembangkan

  • Sistem pakar ( Expert System)

    yaitu program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. sistem pakar merupakan aplikasi AI yang paling banyak.

  • Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

    Yang memberi kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia). Komunikasi dapat dilakukan dengan percakapan alih-alih menggunakan perintah yang biasa digunakan dalam bahasa komputer biasa. Bidang Pemrosesan Bahasa Alami di bagi lagi menjadi 2 bagian yaitu:

    • Pemahaman bahasa alami, yang mempelajari metode yang memungkinkan komputer mengerti perintah yang diberikan dalam bahasa manusia biasa. Dengan kata lain komputer dapat memahami manusia.
    • Pembangkitan bahasa alami, sering disebut juga sintesa suara. Yang membuat komputer dapat membangkitkan bahasa manusia biasa sehingga manusia dapat memahami komputer secara mudah.
  • Pemahaman Ucapan/Suara (Speech/Voice Understanding)

    Adalah teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan. Proses ini mengijinkan seseorang berkomunikasi dengan komputer dengan cara berbicara kepadanya. Istilah pengenalan suara, mengandung arti bahwa tujuan utamanya adalah mengenali kata yang diucapkan tanpa harus tahu apa artinya, dimana bagian itu merupakan tugas pemahaman suara. Secara umum prosesnya adalah usaha untuk menterjemahkan apa yang diucapkan oleh seorang manusia menjadi kata-kata atau kalimat yang dimengerti oleh komputer.

  • Sistem Sensor dan Robotika

    Sistem sensor seperti system visi dan pencitraan serta system pengolahan sinyal merupakan bagian dari robotika. Sebuah robot yaitu, perangkat elektromagnetik yang diprogram untuk melakukan tugas manual, tidak semuanya merupakan bagian AI. Robot hanya melakukan aksi yang telah diprogramkan dikatakan sebagai robot bodoh yang tidak lebih pintar dari lift. Robot yang cerdas biasanya mempunyai perangkat sensor, seperti kamera, yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan lingkungannya. Kemudian bagian AI robot tersebut menterjemahkan informasi tadi dan merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s