Pengantar Telematika (Tugas 2)

Sebutkan dan analisis 5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yg dpt dilakukan dgn sosial media tersebut.

Google +

Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.

    Fitur-fitur pada Google+

  • Circles memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi beberapa kelompok untuk berbagi.
  • Messenger (sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
  • Hangouts adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu).
  • Instant Upload menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
  • Sparks adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; “menampilkan kepentingan” percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.
  • Streams, pengguna melihat perkembangan terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook.
  • Games, 16 permainan telah dirilis
    Kelebihan Google+

  • Repost. Ada fasilitas Repost(Reshared), kita bisa mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter.
  • Atur status, Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
  • Mode huruf beragam. saat akan menulis sebuah status tulisannya dapat dirubah dengan mode miring, coret, atau tebal.
  • Gif diijinkan. Memuat gambar berekstensi Gif bisa langsung berjalan sebagaimana biasa ketika dishared di status G+.
  • Live Notification. Merupakan fasilitas yang dimiliki G+, yaitu kita bisa langsung melihat status mana yang dikomentari sekaligus langsung bisa membalas komentarnya.
  • Ringan. Dengan fasilitas live notification seharusnya membutuhkan koneksi yang tinggi namun ternyata koneksi pas-pasan pun bisa dengan lancar membuka G+.
  • Instant Upload. fasilitas yang dapat mengupload foto secara otomatis tetapi tidak  langsung  dipublikasikan di Stream tetapi diupload di sebuah album, dengan itu kita bisa memilih foto mana yang layak untuk dipublikasikan.
  • Sistem Tag. Di G+ dapat membuat tag di status dengan ‘@’ dan ‘+’. Tag bahkan bisa dibuat melalui versi mobile.

Kekurangan Google +
– Platform Google+. Platform google+ sangat tidak bagus dan kurang dalam pengembangan API saat diluncurkan.
-Versi Mobilenya yang belum sempurna. Saat Browser tidak bisa dibuka melalui Opera Mini tetapi hanya bisa dibuka lewat Hp yang menggunakan Android dan BB yang memiliki OS 6.

Youtube

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005 untuk saat ini Youtube merupakan anak perusahaan Google dari tahun 2006-sekarang. Situs ini memungkinkan penguna mengunggah, menonton dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor di San Bruno,California dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam content video buatan penguna, termasuk klip film, klip TV dan video music. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi terkenal hanya dengan meng-upload video mereka di youtube.

Fitur- Fitur yang terdapat Youtube :

– Playback : Berfungsi untuk memutar video pada situs YouTube dengan bebas.
– Upload Video : Berfungsi untuk mengupload video ke situs ini dengan batasan maksimal 15MB per video, namun apabila kita memiliki track record yang bagus , kemungkinan YouTube akan menawarkan kapasitas upload tanpa batas.
– Quality & Codecs : YouTube menyediakan range yang luas dalam kategori kualitas dan codec dari video-video yang terdapat di dalamnya. Contohnya untuk kualitas gambar , mulai dari 144p sampai 1080p.
– 3D Video : YouTube telah menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk dapat mengupload video dalam format 3D.
– Social Youtube. Fitur ini memungkinkan kita menambahkan akun social media lainnya di channel youtube kita. Google+ sudah secara default connect karena youtube merupakan bagian dari Google Inc
– Browse Page adalah homepage dimana kita bias melihat video yang paling banyak dilihat dari keseluruhan category.di youtube juga terdapat Most Viewed Today

Kelebihan
– Gratis
– Dapat Mendownload semua video tanpa harus login
– Kualitas Codec mengunakan H.264/MPEG-4 AVC dengan audio ACC stereo
– Playback dengan HTML5
– Ajang Edukasi streaming, misal WebMinar semacam seminar melalui video

Kekurangan
– Tidak cocok untuk slow connection/ bandwith rendah
– Tidak bisa mendownload secara langsung
– Banyak informasi yang salah karena semua orang dapat mengupload tanpa diverivikasi terlebih dahulu kebenarannya
– Banyak negara yang memblok youtube, seperti suriah

Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring social yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovits dan Chirs Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan tinggi lain di Boston, Ivy League dan Universitas Stanford. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar penguna aktif, lebih dari setengah dari jumlah penguna mengunakan telephon gengam, penguna harus mendaftar sebelum mengunakan situs ini.

Fitur-Fitur pada Facebook :
– Wall : Merupakan ruang disetiap halaman profil pengguna yang memungkinkan pengguna lain mengirimkan pesan ke pengguna tersebut agar dibaca , sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan tersebut ditulis.
– Status Update : Merupakan fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Berfungsi untuk mengirimkan pesan yang akan tampil disetiap home atau beranda pengguna Facebook itu sendiri ataupun orang lain yang telah menjadi teman di Facebook pengguna tersebut.
– Friend Request : Fitur ini berfungsi untuk meminta pengguna Facebook lain untuk ditambahkan ke dalam daftar teman Facebooknya dengan mengirimkan Friend Request , dan hal tersebut bisa diterima ataupun ditolak.
– Chat : Fitur ini juga merupakan fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna. Berfungsi sebagai alat komunikasi instan untuk mengobrol dengan pengguna lain.
– Inbox : Fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur Chat , hanya saja fitur ini digunakan untuk mengirimkan pesan yang biasanya sifatnya pribadi , ataupun memiliki kata- kata yang panjang.
– Notification : Berfungsi untuk memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada pengguna mengenai update- update terbaru yang berkaitan dengan akun Facebooknya.
– Search Bar : Berfungsi sebagai alat pencari atau search engine yang hanya dikhususkan untuk lingkungan Facebook saja. Contohnya mencari akun pengguna lain , halaman , tempat , grup , aplikasi , acara , hasil web , dan kiriman-kiriman dari pengguna lain.
– Games : Berfungsi sebagai pelengkap atau sarana hiburan.
– Gifts :

Kelebihan :
– Membantu mendapatkan teman baru di dunia maya
– Bagi para pebisnis, sebagai alat bantu untuk mempromosikan produk
– Sebagai sarana komunikasi digital jarak jauh

Kekurangan :
– Berkurangnya privasi akan kehidupan pribadi seseorang
– Pemalsuan identitas

Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia.

Fitur- Fitur yang terdapat Twitter :
– Tweets : Berfungsi untuk mengirimkan pesan berupa teks hingga 140 karakter pada halaman profil pengguna.
– Following (yang melakukan disebut Followers) : Akun seseorang yang mengikuti (menjadi follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.
– Mentions : Fitur ini biasa digunakan untuk membalas percakapan, agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.Tombol mention ini diwakili dengan huruf “at” yaitu @
– Direct Message : Berfungsi untuk mengirimkan pesan yang biasanya bersifat pribadi kepada pengguna lain.
– Hashtag : Merupakan tanda yang ditulis di depan topik tertentu , agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga. Tanda tersebut berupa tanda pagar (#).
– Trending Topic : Merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
– Tag. Seperti halnya Facebook, dengan Twitter kamu juga bisa melakukan tag pada foto yang kamu upload.
– Retweet (kicau ulang) adalah fitur yang digunakan untuk meneruskan tweet dari orang lain ke timeline akun twitter kamu, sehingga followers juga bisa melihat tweet yang kamu retweet tadi.
– Twitter Polls. Dengan twitter polls kamu bisa melakukan pemungutan suara sederhana kepada followers twitter-mu.

Kelebihan Twitter:
– Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
– Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
– Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
– Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
– Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
– Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
– Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
– Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
– Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
– Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kekurangan Twitter:
– Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
– Dibatasi sampai 140 karakter per update
– Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
– Lebih menekankan pada penghitungan follower
– Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan

Telegram

Telegram adalah aplikasi messenger lintas Platform yang dapat digunakan oleh penggunannya untuk mengirim pesan secara rahasia (dienkripsi end-to-end) sebagai tambahan keamanan. Dengan apliklasi ini user juga bisa melakukan pengiriman gambar maupun video. Telegram juga sebuah aplikasi yang gratis dan akan tetap gratis tanpa iklan.

Fitur Unggulan
– Channel pada telegram. Broadcasting dilakukan dengan menggunakan channel dan dapat menampung anggota hingga tak terbatas.
– Stickers pada telegram gratis dan cepat terkirim dengan menggunakan format webP. Dan juga pengguna dapat membuat sticker dengan mudah.
– Bot. Adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence – kecerdasan buatan). Bot ini dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.
– Grup mencapai 100 orang untuk standart dan upgrade ke supergoups bisa mencapai 1000 orang.
– Berbagi file banyak jenis dengan ukuran yang besar. Telegram memperbolehkan kita untuk membagikan foto, video, dokumen(doc, pdf, mp3, zip) maksimal per-file bisa mencapai ukuran 1,5 GB.
– Reply untuk membalas chat tertentu dari seseorang dengan ikut menyertakan chat tersebut dalam balasan.
– Salah satu kegunaan mention (dengan format @username) pada chat groupadalah apabila ada hal yang penting untuk diketahui orang yang di-mention, maka orang tersebut akan mendapatkan notification (pemberitahuan) walaupun orang tersebut mematikan notification (mute) dari group yang bersangkutan.
– Kita dapat memberikan komentar pada bagian bawah dari chat yang akan di-forward.
– Hashtag. membuat chat pada group lebih terstruktur. Kata yang dimulai dengan #apabila diklik atau di-tap akan menghasilkan daftar hasil pencarian sesuai dengan kata tersebut.

kelebihan
– Gratis. Statement dari pihak telegram bilang aplikasi ini akan terus gratis tanpa adanya iklan yang mengganggu.
– Kirim pesan lebih cepat. Ini dikarenakan telegram berbasis cloud
– Telegram membuat group chat lebih hidup dengan fitur Replies, Mentions, Hashtags, Forwards.
– Ringan. Ukuran grafis aplikasi ini sangat kecil sehingga dapat dijalankan dengan ringan .
– Keamanan yang Baik. Telegram lebih aman dibandingkan dengan Whatsapp. Telegram memiliki fitur secret chat yang jauh lebih aman.
– Dapat diakses dari berbagai perangkat secara bersama-sama.

Kekurangan Telegram adalah
– belum adanya fitur voice call. Namun kata pihat pengembang fitur itu akan mungkin akan ada beberapa waktu ke depan.

2. Jelaskan masing-masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yang dilakukan melalui sosial media tersebut.
Dengan adanya sosial media di era modern sekarang ini banyak komunitas-komunitas online yang berdiri dan berkembang melalui sosial media. Penyebaran informasi yang cepat membuat komunitas online di sosial media banyak diminati masyarakat. Berikut ini salah satu komuitas yang ada di sosial media.

– AYO BELAJAR LINUX. ini merupakan suatu komunitas yang tunjukan untuk para pengguna sistem operasi berbasis linux, komunitas ini ada di berbagai media sosial seperti Facebook & Google+. aktifitas yang sering dilakukan antaralain : membagikan informasi terbaru / hal-lah seputar perkembangan linux, diskusi dan tanya jawab mengenai permasalahan pada sistem linux yang digunakan dll.

Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi.
Dampak Positif
– Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
– Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
– Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
– Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
– Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
– Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
– Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.
– Untuk menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang tersebar, dengan jejaring sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal itu bisa dilakukan.

Dampak Negatif
– Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial media menjadi malas belajar berkomunikasi secara  nyata. Hal ini memang benar sekali, karena saya mempunyai teman yang sangat aktif di sosial media, dia selalu memposting apa saja yang sedang dia kerjakan, namun keadaan yang berbeda 180 derajat jika bertemu secara nyata. Orang yang aktif di soaial media, jika bertemu langsung nyatanya adalah orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
– Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna social media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan.
– Berkurangnya privasi pribadi. Dalam sosial media  kita bebas menuliskan dan men-share apa saja, Sering kali tanpa sadar kita mempublish hal yang seharusnya tidak perlu disampaikan ke lingkup sosial.
– Situs sosial media akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Pernahkah kalian jalan-jalan atau bepergian dengan seseorang, tetapi orang yang kalian ajak jalan malah asik dengan ponsel dan sosial medianya sendiri?
– Pornografi. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
– Kejahatan dunia maya. Kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya : carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
– Mengurangi kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka.

Kumpulkan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s