Pengertian Profesi dan Profesionalisme

 

Pengertian Profesionalisme
Profesionalisme berasal dari “Profesion” yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI,1994). Profesionalisme merupakan sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu) sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seseorang profesional. Profesionalisme juga dapat diartikan sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.

Ciri-ciri Profesionalisme
· Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati piawai ideal
Piawai ideal adalah suatu perangkat perilaku yang dipandang paling sempurna dan dijadikan sebagai rujukan. Setiap manusia yang memiliki profeisonalisme akan berusaha melakukan yang terbaik agar dirinya dapat mencapai “piawai ideal”.
· Meningkatkan dan memelihara image profesion
Seseorang akan terus meningkatkan dan memelihara image profesion yang sudah melekat pada dirinya dengan berbagai cara seperti, memelihara penampilan, cara bicara, sikap tubuh dan hubungannya dengan sesama.
· Keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya
· Mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesion
Seseorang diharapkan memiliki rasa bangga dan percaya diri akan profesionnya sehingga dapat mengejar cita-cita dalam profesionnya.

Kode Etik Profesionalisme
Kode Etik Profesi merupakan suatu tatanan etika yang telah disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Kode etik juga dapat diartikan sebagai aturan, tata cara, tanda, pedoman etis sebagai pedoman berperilaku dan berbudaya.
Tujuan kode etik adalah agar profesionalisme dapat memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pengguna jasa tersebut. Kode etik juga melindungi pengguna jasa dari tindakan yang tidak profesional.

Sumber :
· https://ms.m.wikipedia.org/wki/Profesionalisme
· http://www.maribelajarbk.web.id/2015/04/pengertian-profesional-profesi.html?m=1
· https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kode_etik_profesi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s